Tren Gadget Indonesia 2019: Perkembangan dan Inovasi Terbaru dalam Dunia Teknologi

Diposting pada

Pertumbuhan teknologi informasi di Indonesia bertambah pesat dari hari ke hari dan dari tahun ke tahun. Hal ini dipengaruhi oleh bermacam macam aspek mulai dari ekspansi zona cakupan internet, kenaikan bandwidth internet, pemakaian teknologi internet dan komunikasi terkini yang lebih cepat dan efektif, pertumbuhan ponsel pintar, timbulnya berbagai macam media sosial serta ecommerce, dan semakin banyaknya warga yang mengerti dan aktif memakai internet.

Dari infografis yang kita lihat tampak Total Penduduk Indonesia mencapai 268, 2 juta jiwa, sedangkan diketahui pengguna Mobile( ponsel pintar dan tablet) mencapai 355, 5 juta. Maksudnya peredaran ponsel pintar dan tablet lebih banyak dari jumlah penduduk di seluruh Indonesia. Bisa terjadi jika satu orang mempunyai 2 ataupun lebih gawai( gadget) apalagi Horang Kayah, gonta ganti Smartphone sudah biasa.

Bergeser ke Pengguna Internet, tercatat terdapat 150 juta pengguna internet aktif, ini berarti 56% dari total jumlah penduduk Indonesia telah memakai internet. Demikian pula dengan media sosial, rata- rata 50% lebih penduduk Indonesia aktif memakai media sosial.

Saat ini ayo kita amati berapa besar pertumbuhannya dari tahun 2018 ke tahun 2019.

Di Infografis berikut ini nampak perkembangan penduduk dari 2018 ke 2019 sebesar 1%, tetapi perkembangan internet tercatat 13%, media sosial 15% dan mobile media sosial 8, 3%. Ini berarti perkembangan pengguna internet dan media sosial jauh lebih pesat dibandingkan perkembangan penduduk, serta trend nya sejak tahun- tahun sebelumnya memanglah menunjukkan kenaikan yang siginifikan.

Gawai apa yang kerap digunakan orang Indonesia untuk berselancar di dunia maya dan melaksanakan aktifitas media sosial dan ecommerce?

Melihat data Infografis terlihat paling besar adalah Mobile Phone mencapai 91%, laptop/ Komputer hanya 22%. Tv juga masih banyak ditonton oleh warga. Ini mungkin antara emak- emak nonton sinetron ataupun bapak- bapak nonton berita dan pertandingan tinju atau sepak bola. Lha terus kapan anak- anaknya nonton film kartun? Entahlah…

Berapa banyak waktu yang dihabiskan oleh orang Indonesia dalam mengakses media?

Juaranya merupakan Internet, rata- rata orang berselancar menghabiskan waktu 8 jam 36 menit per harinya. Disusl oleh Media Sosial dengan 3 jam 26 menit. Tv, semacam yang telah kami tulis diatas, masih jadi kesukaan penonton dengan lama nonton menggapai 2 jam 52 menit. Terakhir streaming musik dengan‘ cuma’ 1 jam 22 menit.

Pertumbuhan dunia digital di Indonesia sangat menjanjikan, dari sisi pengguna internet, pengguna media sosial, apalagi pengguna ponsel- ponsel pintar. Ini pastinya menawarkan peluang- peluang usaha dan kemana arah tujuan bisnis kedepan.

Industri yang cuma mengandalkan cara- cara konvensional serta tradisional bakal tergilas oleh perusahaan- perusahaan yang telah mempraktikkan teknologi data dalam operasional bisnisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *